Holding Ultra Mikro Bawa Misi Bebaskan Pelaku Usaha dari Jerat Rentenir

Sugeng rawuh Chungcu-Icidcomplex di Website Kami!

Chungcu-Icidcomplex – Kesetaraan akses terhadap layanan keuangan bersama menjadi semakin penting dan diupayakan oleh berbagai organisasi. Hal ini juga menjadi perhatian negara-negara G-20 yang rencananya akan diselenggarakan di Bali. Holding Ultra Mikro Bawa Misi Bebaskan Pelaku Usaha dari Jerat Rentenir

Sebelum pertemuan G-20, BUMN menjadi tuan rumah Konferensi Internasional BUMN G-20 (TIIWG) Trade, Investment and Industry Working Group pada 17-18 Oktober 2022 di Bali. Proyek ini menyoroti peran perusahaan swasta dalam pemulihan ekonomi, serta isu-isu terpenting pertemuan ke-20, termasuk investasi. Sri Mulyani dan Gubernur BI Ungkap Potensi Krisis Ekonomi Global, Ini Dampaknya!

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan inisiatif Ultra Micro Holding (UMi) merupakan inovasi perusahaan untuk fokus pada kelompok masyarakat kurang mampu dan meningkatkan investasi. Ia ingin masyarakat yang dulunya membayar bunga tinggi, meminjam uang dari rentenir, menjadi pemilik usaha kecil.

Holding Ultra Micro merupakan kerja sama antara BRI sebagai induk perusahaan dengan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk menciptakan layanan keuangan yang lengkap dan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha.

“UMi Holding juga menyasar masyarakat yang saat ini menjadi rentenir. Alangkah ruginya jika mereka membayar bunga 500% setiap tahunnya. Kalau kita permudah mereka mengakses, mengakses uang perusahaan, maka bagiannya akan bertambah. akan mempunyai modal yang kuat. “Mereka akan mempunyai banyak pilihan,” jelas Supari.

Berdasarkan riset BRI, masih terdapat lima juta rentenir (usaha kecil) dengan bunga tinggi, sedangkan tujuh juta disalurkan ke keluarga dan kerabat. Ada juga 18 juta orang yang tidak diberi uang di tangan. Sebanyak 30 juta pelaku kejahatan akan menjadi calon nasabah Holding UMi. Pada level selanjutnya, UMi Holding menargetkan bisa melayani total 45 juta pelanggan.

Supari menambahkan, ada tiga strategi quick win untuk mencapai tujuan pelanggan UMi Holding. Pertama, integrasi layanan antara BRI, Pegadaian dan PNM dengan mendirikan Ultra Micro Service Center (SENYUM). Hingga Agustus 2022, integrasi ketiga fasilitas atau layanan departemen melalui Gerai Smile telah mencapai 1.003 tempat, atau sudah melampaui target awal sebanyak 978 tempat Gerai Smile. Tak hanya itu, kini sudah lebih dari 44.000 pelanggan PNM Mekaar yang bergabung menjadi agen BRLink.

Kedua, pemasar adalah pihak yang mengikuti dan mendorong perusahaan usaha kecil untuk meningkatkan nilai bisnisnya. Holding Ultra Mikro Bawa Misi Bebaskan Pelaku Usaha dari Jerat Rentenir

“Selanjutnya kita punya 66.000 pelanggan. Kita ikat dengan sistem bisnis digital. Mereka selalu ada di tempat kerja, tidak ke kantor, terhubung dengan sistem bisnis 3 perusahaan bernama Smile Mobile. Smile Mobile adalah platform produk dan jasa 3 perusahaan yang bisa dijual oleh 66 ribu penjual 3. Ketiga, kita punya dataset besar 25 juta dari 3 grup, ini bisa digunakan untuk meningkatkan kebutuhan” Saya berharap dengan kuatnya kapasitas BRI di ultra-mikro, ini akan membantu meningkatkan kebangkitan usaha komersial di kelas,” katanya.